Kerasulan

 

"Semua Suster diapnggil untuk pengabdian dalam Kerajaan Allah
Karena itu tugas mereka yang pertama adalah
Memberi kesaksian tentang harapan yang hidup dalam diri mereka,
Bahwa ciptaan Allah akan mencapai kepenuhannya "

SFIC Constitution: Konstitusi SFIC: Dasar Spiritual 7, 1-5

 

 

Kami ikut mengambil bagian dalam Misi Yesus: Kepenuhan Hidup bagi semua! Dipanggil untuk mengabdi Allah dan manusia, arti misi ini tertanam dalam hati semua SFIC. Pertama dan terutama kami dipanggil untuk memberi kesaksian atas Harapan yang hidup dalam diri kami: Kerajaan Allah yang adil, damai dan keutuhan ciptaan.

 
Sebagai komunitas kesaksian kami berarti berada di tengah-tengah umat, dekat dan jauh, umat dari berbagai kepercayaan dan budaya, dari timur sampai barat, dari utara sampai selatan, dalam semangat keterbukaan dan dialog. Dipanggil menjadi murid Yesus dan setia kepada spiritualitas Fransiskan, kami tergerak oleh belas kasih untuk kaum miskin dan kecil dalam masyarakat, mereka yang dicopoti haknya dan dibuat dirampasi miliknya. Kami menggandeng tangan mereka dalam solidaritas dan bersama kami tegak memajukan dan mempertahankan hak asasi manusia/ martabat manusia sebagai anak-anak Allah.

Dituntun oleh terang Roh Kudus, kami coba mengikuti tanda-tanda zaman dan bersama-sama sampai kepada tanggapan yang relevan. Setia akan semangat dan kharisma, kami membaktikan diri dalam pelayanan yang memajukan pemberdayaan perempuan, remaja dan anak-anak, maupun kepada perkembangan integral dan kesehatan holistik dari rakyat.
Kemana kami pergi, kami ada untuk melayani gereja lokal, merangkaikan usaha kami yang kecil dalam kerjasama dengan hirarki Gereja, dengan rohaniwan dan komunitas religius lainnya, dan dengan kelompok atau organisasi lainnya demi kesejahteraan rakyat. Dalam semangat keterbukaan, kami berikhtiar menuju kerjasama dialogikal dengan berbagai kelompok sosial, kultural, ekumenikal, antar kepercayaan (bdk Konstitusi SFIC: Dasar Spiritual 7, 1119-127)

Sejarah itu bersifat dinamis, kebudayaan berkembang, tanda-tanda zaman berubah, dan bentuk misi yang baru dan kerasulannya akan berkembang, namun bagi SFIC, satu hal akan berlangsung yaitu kami memperhatikan dan mengabdi: DEMI CINTA ALLAH.